Sebagai sebuah bisnis transaksional, BOK Financial Corporation cukup fleksibel ketika memutuskan untuk mengadopsi model pembelajaran Blended Learning, yaitu gabungan antara metode pelatihan klasik di dalam kelas dengan model pelatihan online.

BOK Financial adalah perusahaan jasa finansial dengan nilai sebesar USD 22 juta, berbasis di Tulsa, Oklahoma, AS. Aset organisasi berupa tujuh bank subsidiary, yaitu Bank of Oklahoma, Bank of Texas, Colorado State Bank, Bank of Alburqueque, Bank of Arkansas, Bank of Arizona, dan Bank of Kansas City. Perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 4800 orang ini memiliki kantor cabang di delapan negara bagian.

BOK Financial memulai inisiatif Lean Six Sigma sejak akhir 2006. Penerapan awalnya masih berskala kecil. Mereka merekrut beberapa Black Belt dan Master Black Belt selama periode 2 tahun, serta menggunakan jasa pelatihan dari konsultan outsource sambil merekrut orang-orang yang mereka perlukan untuk mulai menjalankan program Lean Six Sigma.

Pada 2008, BOK mulai mengadakan pelatihan Green Belt secara internal, dengan enam kandidat Green Belt dari berbagai departemen. Inti dari pelatihan yang disampaikan adalah memperkaya pengalaman dan melatih best practice yang dijalankan oleh organisasi lain. In-house training di BOK dijalankan dengan cara lebih fleksibel yaitu blended model, alih-alih model classroom yang kaku, yang biasa dilakukan ataupun model online training.

Blended training model yang kami jalankan memiliki fleksibilitas yang dimiliki online training, tapi juga memiliki tolok ukur yang kritikal seperti halnya model classroom, sebagai pendukung dan pelengkap materi yang diberikan secara online,” kata Jeff Garcia, kepala departemen Lean Six Sigma di BOK Financial. “Kami mengadakan pelatihan online dengan timeline selama 4 bulan, dan peserta juga akan mengikuti pelatihan di kelas setiap tiga minggu sekali. Hal tersebut memungkinkan para peserta memiliki waktu yang cukup untuk belajar, dan memastikan mereka tidak ketinggalan materi/pelajaran. Disamping itu, kami memerlukan para Green Belt tersebut untuk menjalankan proyek improvement selama waktu empat minggu tersebut. Dengan cara ini, kami memberikan pelatihan sekaligus pengalaman yang nyata di lapangan.”

Bagi BOK Financial, model pelatihan ini telah sukses menghasilkan personel-personel yang terlatih dan sekaligus memberikan hasil finansial kepada perusahaan. “Dengan cara ini, investasi pelatihan lebih cepat kembali kami dapatkan,” kata Garcia.

Sumber: www.morestream.com

Informasi mengenai pelatihan Lean Six Sigma Green Belt dapat anda temukan disini.