Tahun 2018 menjadi tahun paling bersejarah bagi pabrikan pesawat terbang terdepan di dunia The Boeing Co. Perusahaan asal Amerika ini berhasil mencatat penjualan lebih dari 100 miliar dollar AS. Boeing juga berhasil melakukan pengiriman sebanyak 806 unit pesawat jet komersial sepanjang tahun 2018, meningkat 6 persen dibanding tahun 2017 dan ini menjadi rekor. Secara keseluruhan, Boeing menerima pesanan sebanyak 893 unit dengan nilai 143,7 miliar dollar AS. Bagaimana bisa Boeing selalu mencatat kinerja  gemilang setiap tahun? Apa rahasia Boeing?

Jawabannya mungkin terasa sederhana: operational excellence. Ya, Boeing hingga saat ini terus berupaya mencapai keunggulan operasi di setiap bisnisnya dengan mengadopsi metode Lean.

Sebagian besar karyawan Boeing telah familiar dengan konsep Lean. Hampir di setiap edisi Boeing Frontiers, Anda akan selalu menemukan artikel atau pembahasan mengenai Lean Manufacturing dan tips-tips implementasinya. Manajemen menjadikan ini sebagai strategi untuk terus mengenalkan dan mengkampanyekan sistem operasi ramping dan efisien sebagai detak jantung Boeing Production System atau BPS. Melalui BPS ini, perusahaan akan memastikan bahwa setiap output berkualitas sangat tinggi dan cost effective.

Karyawan Boeing telah belajar dari pengalaman yang sulit, bahwa untuk melakukan inovasi para kelompok fungsional perlu saling bekerjasama. Menggunakan Lean, mereka bisa  mengatasi kesenjangan dan menghadirkan solusi bagaimana cara melakukan inovasi. Boeing memiliki budaya improvement yang kuat, mereka mempertahankan keunggulan kompetitif melalui peningkatan kualitas produk dan layanan secara bertahap untuk menghilangkan segala bentuk pemborosan (waste). Menurut mereka, kualitas itu gratis jika perusahaan melakukan semuanya dengan benar sejak awal. Karena filosofi inilah Boeing terus agresif memperbaiki kualitas mereka.

Boeing meminjam konsep continuous improvement dari Jepang, dan kita bisa melihat bagaimana Boeing telah menjadi perusahaan pembuat pesawat terbaik di dunia dengan kinerja yang memuaskan. Jika Anda ingin organisasi Anda seperti Boeing, mulai hari ini jangan pernah berhenti untuk membuat segalanya lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah.

Baca juga  Inilah Satu-Satunya Perusahaan Indonesia yang Masuk Daftar Fortune Global 500