iBio dan GE Healthcare bekerjasama dengan CMB dalam mengembangkan teknologi yang cost-effective

GE Healthcare yang dikenal dengan pengalamannya dalam mengembangkan teknologi biofarmasi untuk memproduksi berbagai produk kesehatan memutuskan untuk menggaet iBio, yang memiliki platform vaksin berbasis tumbuhan. Kedua perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka akan bekerjasama dalam mengembangkan dan mengkomersilkan bioteknologi berbasis tumbuhan untuk pembuatan produk-produk biofarmasi dan vaksin.

Teknologi baru tersebut dinamakan iBioLaunch platform, yaitu suatu teknologi genetik yang menginduksi tanaman yang memungkinkan produksi protein tinggi seperti vaksin dalam waktu singkat. Teknologi ini memungkinkan proses berjalan dalam fasilitas berbiaya rendah dan terkontrol.

Tim peneliti dan insinyur gabungan dari GE Healthcare, iBio dan Fraunhofer USA Center for Molecular Biotechnology bekerjasama untuk mengembangkan sebuah teknologi yang fleksibel yang akan secara signifikan membantu mengurangi biaya modal dan biaya operasional dalam produksi biotherapeutic dan vaksin. Penggunaan metode berbasis tumbuhan telah terbukti mampu memberikan penghematan yang cukup besar dibandingkan dengan metode yang memakai sel hewan dan mikroba. iBioLaunch platform juga dinilai mampu memproduksi protein yang tidak dapat diproduksi secara komersil dalam sistem lainnya.

iBio yang memprakarsai pemakaian teknologi berbasis tumbuhan yang digunakan dalam memproduksi vaksin flu burung yang masih dalam tahap percobaan. Pembuatan vaksin yang  telah berhasil melalui Fase I dalam percobaan klinis ini didanai oleh Bill & Melinda Gates Foundation. iBioLaunch platform juga digunakan untuk memproduksi vaksin percobaan untuk virus H1N1 yang juga telah berhasil melewati Fase I.

“Kami tidak sabar untuk segera mulai bekerja bersama dalam mengembangkan platform berbasis tanaman yang fleksible dan cost-effective,” kata Robert B. Kay, CEO iBio Inc. “Platform ini berpotensi membantu pengembangan biotherapeutic dan mengurangi penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin.”

Baca juga  Membuat Produk yang Laku Keras di Pasar

“Kami senang dapat bekerjasama dengan iBio yang memiliki visi yang sama. Mereka memiliki teknologi yang memungkinkan proses produksi lebih fleksibel dan hemat biaya untuk memproduksi obat-obatan yang dapat menyelamatkan kehidupan,” kata Olivier Loeillot, General Manager of Enterprise Solution dari GE Healthcare. “Kami menantikan untuk bekerja bersama tim dari iBio dan CMB untuk mengeksprolasi teknologi yang inovatif ini dan mengembangkan produk komersil darinya.”

Mengenai aliansi ini, Executive Director CMB, Dr. Vivaldi Yusibov, berkomentar, “Kami senang bisa mengembangkan hubungan dengan GE Healthcare dan iBio. Kerjasama dan pengalaman kami akan memperluas kesempatan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi ini.”

 

Sumber: pemberitaan pers iBio.