Perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) sebagai adalah strategi penting untuk mencapai keunggulan operasional perusahaan. Fokus utama dari strategi ini adalah mengidentifikasi dan menerapkan perbaikan secara konsisten pada proses, sistem, dan juga people untuk memastikan terjadinya pertumbuhan (growth), efisiensi, dan daya saing yang berkelanjutan.

Nah untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah beberapa strategi membangun budaya perbaikan berkelanjutan sehingga bisa mencapai keunggulan operasional:

Lean Thinking

Kita bisa memanfaatkan prinsip-prinsip lean untuk menghilangkan pemborosan, menyempurnakan proses, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Adapun caranya yaitu dengan mengidentifikasi dan menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan dengan mengoptimalkan workflows atau alur kerja.

Six Sigma

Berikutnya, kita bisa menggunakan metodologi Six Sigma untuk mengurangi cacat (defect) dan variasi dalam proses. Dengan menerapkan alat statistik dan metode analisis, kita memiliki peluang besar untuk mencapai tingkat kualitas dan konsistensi yang lebih tinggi.

Kaizen

Yaitu sebuah filosofi mengajarkan kita untuk secara konsisten (dan berkelanjutan) melakukan perbaikan kecil. Pemimpin organisasi harus terus mendorong semua karyawan agar memberikan saran perbaikan dan membuat perubahan inkremental pada proses mereka secara teratur.

Total Quality Management (TQM)

Adalah pendekatan manajemen untuk mencapai hasil yang terbaik dengan memusatkan semua kegiatan bisnis dan proses pada kepuasan pelanggan. Dengan kata lain segala sesuatu di TQM didefinisikan melalui lensa kepuasan pelanggan. Program ini akan mendorong perusahaan melakukan sistematisasi proses, mengurangi defect, memperpendek cycle time, dan menyediakan layanan dan produk berkualitas untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Benchmarking

Bandingkan proses dan kinerja organisasi Anda dengan praktik terbaik di industri atau pesaing. Identifikasi kesenjangan dan peluang perbaikan berdasarkan perbandingan ini.

Kamu sudah menjalankan proyek perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) dan tertarik untuk mengetahui berapa nilai dan kualitas proyekmu? Apakah semua metodologi dan tools yang kamu gunakan sudah sesuai kaidah yang seharusnya? Cari tahu jawabannya di OPEXCON Project Competition 2023. OPEXCON adalah ajang kompetisi bidang inovasi bersakala nasional yang diselenggarakan oleh media SHIFT Indonesia. Hadir sejak tahun 2012, OPEXCON secara konsisten mengapresiasi pahlawan inovasi perusahaan yang sukses menciptakan perbaikan dan perubahan di organisasi mereka secara signifikan. Informasi lebih lanjut tentang OPEXCON hubungi 087857630200. Salam improvement!

Baca juga  Efisiensi vs. Efektivitas: Prioritas Manakah yang Lebih Utama?