SHIFT SSCX News Penghematan di BUMN

Menteri BUMN Rini M Soemarno menginstruksikan semua direksi dan pejabat perusahaan milik negara menggunakan penerbangan kelas ekonomi saat melakukan perjalanan dinas.

“Harus menggunakan kelas ekonomi. Surat instruksi segera saya kirimkan kepada semua pejabat BUMN, tidak terkecuali,” kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (5/11/2014), seperti dikutip Kompas.com.

Hal itu, sebut Rini, merupakan upaya efisiensi anggaran perusahaan dari pos perjalanan luar kota. “Harus ditetapkan agar tidak terjadi pemborosan. Yang dari pusat ke daerah juga sebaliknya gunakan kelas ekonomi,” ujarnya.

Penggunaan penerbangan kelas ekonomi, kata dia, sudah dilakukannya ketika berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, Selasa (4/11/2014), untuk meninjau PT Inalum (Persero) terkait kekurangan pasokan listrik di wilayah itu.

“Naik kelas ekonomi sama saja rasanya. Sampainya juga sama,” kata Rini.

Ketika menumpang pesawat ekonomi, Rini mengaku sempat mengganggu salah seorang dirut BUMN yang ikut bersamanya ke Medan. “Sekarang kita naik ekonomi, ya,” katanya.

“Yang paling lucu, ya, Dirut Garuda (Emirsyah Satara). Ia sempat bertanya kepada saya juga, ‘Ibu Rini… nanti penumpang ekonomi semua dong? Ya, nanti business class Garuda bisa kosong dong? Saya jawab iya. Segera ada suratnya,” ujar Rini tersenyum.

Menurut catatan, jumlah BUMN saat ini berkisar 138 perusahaan. Jika dihitung rata-rata satu perusahaan terdapat 30 orang yang masu kategori pejabat, jumlahnya berkisar 4.000 orang.***

Sumber: Kompas.com

 

Baca juga  3 Konsep Penting dalam Metode Lean