Vaksin penguat atau vaksin booster dibutuhkan agar tubuh dapat menciptakan daya tahan yang lebih kuat sehingga mampu menghadapi ancaman virus baru.

Seperti kita tahu, vaksin covid-19 menjadi kebutuhan setiap negara ketika dunia dihadapkan pada pandemi akibat penyebaran virus covid-19 sejak awal tahun 2020 yang lalu. Vaksin menjadi sesuatu hal yang dibutuhkan dan sangat penting karena dampak positifnya dalam membantu membangun sistem kekebalan supaya tubuh lebih siap melawan virus.

Untuk tahu bagaimana cara kerja vaksin berikut penjelasan singkatnya. Setelah vaksinasi maka tubuh akan mengenali virus atau bakteri pembawa penyakit dan kemudian melawannya dengan memproduksi antibodi. Antibodi ini kemudian akan mengingat penyakit dan cara melawannya. Dengan demikian, tubuh dapat melawan virus atau bakteri seperti ini secara lebih cepat, karena antibodi sudah terlatih untuk itu.

Sementara itu. vaksin booster yaitu dosis vaksin tambahan yang dapat mengembalikan imunitas dan memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit mengingat efek vaksin menurun atau dapat hilang seiring berjalannya waktu. Indonesia sendiri telah memulai program vaksinasi booster sejak 12 Januari 2022. Lalu apa hubungannya dengan organisasi saya?

Ternyata sama seperti tubuh kita, organisasi kita juga perlu mendapatkan vaksin penguat agar sistem kita mampu menghadapi ancaman (virus) internal juga eksternal seperti produktivitas mesin yang menurun, semangat karyawan yang melempem, keinginan pelanggan yang meningkat, harga material yang melonjak, dan sebagainya.

Nah, apa yang akan terjadi jika organisasi Anda tidak memiliki antibodi yang cukup terlatih untuk menghadapi sejumlah situasi yang tidak diharapkan di atas? Mungkin organisasi Anda hanya akan tumbang sebentar dan bangun kembali setelah mendapatkan cukup perawatan, namun bisa jadi organisasi Anda akan jatuh dan tidak bisa sembuh selamanya.

Baca juga  Memahami Perlawanan dalam Proses Perubahan itu Penting, Ini Alasannya.

Organisasi Anda mungkin memiliki kinerja yang bagus saat ini namun sudah siapkah Anda untuk menghadapi krisis yang sama sekali belum pernah terjadi seperti pandemi covid-19? Sudahkah organisasi Anda menciptakan antibodi dengan membiasakan tim menghadapi situasi yang mengharuskan perubahan? Jika sudah, selamat! Jika belum, jangan menunggu kondisi darurat terjadi, karena organisasi Anda bisa jadi tamat!