Sudah bukan rahasia pastinya jika keberadaan inovator membawa manfaat signifikan bagi perusahaan dalam beberapa aspek. Nah, excellent people secara khusus SHIFT Indonesia kali akan membahas apa saja peran penting inovator di perusahaan sehingga mereka sangat penting dan layak untuk diapresiasi. Langsung saja!

  1. Membuka Peluang Baru: Inovator membantu perusahaan mengidentifikasi peluang baru untuk pertumbuhan dan pengembangan. Mereka dapat menemukan pasar yang belum tergarap, ide-ide untuk pembuatan produk baru, bahkan menciptakan metode baru untuk terus berinovasi.
  2. Meningkatkan Daya Saing: Inovasi membuat perusahaan tetap kompetitif di pasar yang terus berubah. Para inovator yang terus berinovasi akan membantu perusahaan dalam mempertahankan juga meningkatkan pangsa pasar mereka.
  3. Perbaikan Proses: Inovator atau pelaku improvement sangat fokus (peduli) pada perbaikan proses internal. Mereka mengidentifikasi cara untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan mengoptimalkan operasi, yang menguntungkan perusahaan secara keseluruhan.
  4. Menyebarkan Budaya Inovasi: Inovator berperan penting dalam membangun budaya inovasi di perusahaan. Ini akan menciptakan lingkungan di mana ide-ide baru dihargai dan dipromosikan.
  5. Membangun Keunggulan Kompetitif: Inovator membantu perusahaan menciptakan keunggulan kompetitif dengan menghasilkan produk atau layanan yang lebih baik, lebih efisien, atau lebih unik daripada pesaing.
  6. Respons Terhadap Perubahan Pasar: Inovator dapat membantu perusahaan menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan tren industri. Mereka membantu perusahaan tetap relevan dan relevan dengan kebutuhan pelanggan.
  7. Menciptakan Nilai Tambahan: Inovasi menciptakan nilai tambahan bagi pelanggan dan stakeholders baik internal maupun eksternal. Ini bisa berarti produk yang lebih baik, harga yang lebih kompetitif, atau pengalaman pelanggan yang lebih baik.
  8. Mengatasi Tantangan: Inovator membantu perusahaan mengatasi tantangan yang mungkin muncul, seperti perubahan regulasi, perkembangan teknologi, atau perubahan perilaku pelanggan.
  9. Mendorong Pertumbuhan: Pastinya kita tidak lupa dengan kisah kedigdayaan hingga ketumbangan Nokia dan Blakckberry, kan? Ya, inovasi adalah kunci untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. Perusahaan yang tidak inovatif seringkali kesulitan dalam menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan.
  10. Inspirasi untuk Karyawan Lain: Inovator dapat menjadi sumber inspirasi bagi karyawan lain. Mereka memotivasi rekan-rekan kerja mereka untuk berpikir kreatif, berinovasi, dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Ini sangat penting untuk membangun budaya inovasi yang berkelanjutan.
Baca juga  3 Konsep Penting dalam Metode Lean

Mengapresiasi peran inovator dalam perusahaan sangatlah penting, hal ini tidak lain karena mereka berkontribusi nyata – membantu perusahaan terus bertahan dan berkembang dalam lingkungan yang terus berubah. Menyadari hal tersebut SHIFT Indonesia melalui gelaran OPEXCON memberikan penghargaan kepada inovator leader di perusahaan-perusahaan yang terus berinovasi dan terus berkontribusi positif terhadap kesuksesan perusahaan melalui project improvement.

OPEXCON Project Competition 2023 merupakan ajang kompetisi proyek inovasi-improvement berskala nasional di Indonesia. Tahun ini 131 tim luar biasa berpartisipasi langsung di acara ini. Pertanyaannya, siapa yang akan dinobatkan sebagai Best Project Improvement of the year? Dapatkan jawabannya langsung di OPEXCON Conference & Award, 21 November 2023 di The Westin Jakarta. Daftarkan diri Anda dan menjadi saksi terpilihnya inovator terbaik tahun ini bersama 500 pegiat inovasi dari seluruh perusahaan di Indonesia. Informasi lebih lanjut hubungi 087857630200. Salam improvement!