Excellent people dalam artikel ini kita akan membahas enam prinsip utama yang harus kita gunakan saat bekerja bersama konsultan.

1. Jelas dalam merumuskan kebutuhan dan harapan Anda. Jika Anda tidak yakin tentang mereka, lakukan assessment terlebih dahulu.

Mengapa Anda ingin mengubah? Apa yang mendorong Anda menuju perubahan? Di mana masalah terbesar Anda? Di mana peluang terbesar Anda? Apakah Anda menghadapi persaingan biaya? Apakah ada masalah kualitas yang sedang Anda hadapi? Anda harus mempertimbangkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut karena konsultan bermanfaat jika mereka tahu apa masalah sebenarnya yang harus Anda selesaikan.

Bagaimana jika Anda tahu bahwa ada sesuatu yang salah atau bahwa Anda memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan, tetapi Anda tidak yakin dimana akar masalahnya atau di bagian mana Anda harus fokus? Anda dapat meminta konsultan untuk membantu Anda menilainya. Penilaian dari sisi yang berbeda dari konsultan akan membantu Anda untuk menganalisa dan menyesuaikan prioritas.

2. Jangan pernah melepaskan tanggung jawab Anda dalam organisasi dan berharap konsultan mengelola perusahaan Anda.

Konsultan hanyalah sumber daya pendukung. Ini adalah perusahaan Anda, dan konsultan tidak akan pernah (dan tidak harus) menggantikan Anda dalam mengelola orang dan sumber daya perusahaan. Minta pendapat mereka bagaimana melakukan perbaikan tetapi jangan pernah berhenti menjadi pemegang keputusan dalam bisnis Anda. Jika manajer dan supervisor di organisasi Anda lemah, gunakan konsultan untuk membantu mengembangkan mereka atau untuk menumbuhkan dan menemukan pengganti yang baru. Tapi jangan pernah mengganti mereka dengan konsultan.

3. Ingat selalu tujuan akhir bekerja dengan konsultan adalah bekerja tanpa mereka sesegera mungkin.

Lebih baik membeli program pelatihan yang terfokus pada implementasi praktis daripada sebuah rangkaian workshop panjang yang dilakukan oleh fasilitator eksternal. Tentu, workshop eksternal akan menyampaikan pesan Lean yang murni dan langsung untuk sejumlah besar karyawan, tetapi setelah mereka selesai tidak ada internal yang ahli untuk menerapkan pesan secara kontinu dalam organisasi Anda. Pendekatan ini penting terutama jika Anda bekerja dengan anggaran yang ketat dan harus memastikan bahwa seluruh potensi sumber daya digunakan maksimal.

Baca juga  Last but Not Least, Fase Control Lean Six Sigma DMAIC

4. Mobilisir semua sumber daya – lebih baik Anda menggunakan konsultan sekarang, semakin cepat konsultan selesai maka pengeluaran Anda dapat segera ditekan.

Kehadiran konsultan memerlukan biaya. Jika Anda mempunyai konsultan yang datang ke perusahaan dan sumber daya internal Anda tidak siap bekerja dengan mereka maka ini adalah pemborosan yang sempurna. Sekali Anda memutuskan bekerja dengan sumber daya eksternal, pastikan Anda menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka sebanyak yang Anda bisa.

5. Terbuka dan jangan berdebat. Dengarkan dan minta saran yang spesifik jika sebuah masalah teridentifikasi.

Bersiaplah, Anda tidak akan suka segala sesuatu yang konsultan katakan tentang organisasi Anda. Ini adalah untuk apa sebenarnya Anda membayar mereka. Jika Anda ingin konsultan mengikuti perintah Anda, Anda mungkin tidak menggunakan sumber daya eksternal sama sekali. Biarkan mereka mengenali masalah, biarkan mereka member saran. Sekali Anda mendengarkan, Anda masih punya hak untuk memutuskan apa yang akan terjadi dalam organisasi Anda.

6. Bentuk kemitraan yang bukan sekedar perjanjian bisnis.

Percaya atau tidak, konsultan bekerja lebih baik jika mereka dapat menempatkan hati mereka, tidak hanya pikiran mereka (yang Anda bayar) ke dalam proses membantu organisasi Anda. Ini akan menjadi hal penting bagi Anda untuk membangun hubungan menjadi salah satu tanggung jawab bersama, kemitraan, dan saling menghormati.

Dalam situasi yang ideal, Anda ingin konsultan Anda merasa secara personal merasa jika suatu masalah terjadi di organisasi Anda dan ikut terlibat semaksimal mungkin. Anda pun ingin mereka merasa bangga atas kesuksesan organisasi Anda dan menjadi bagian dari mereka. Perjanjian formal yang ditandatangani harus menjadi dasar yang diperlukan untuk kerjasama daripada faktor yang yang berkuasa setiap saat.

Baca juga  Fase Measure dalam Lean Six Sigma DMAIC

Bagi Anda yang ingin mulai menjalankan konsep Lean dalam Perusahaan, PT SSCX International dapat menjadi rekomendasi yang tepat. Sebagai perusahaan konsultan yang berpengalaman menjadi konsultan dan training provider Lean, Six Sigma, hingga TPM di berbagai sektor industri; SSCX dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang terbaik. Informasi lebih lanjut tentang SSCX bisa Anda dapatkan di www.sscxinternational.com .