Sepuluh tahun penyelenggaraan, OPEXCON tetap menjadi ajang kompetisi bidang improvement  paling bergengsi di Indonesia.

Hari Selasa, 7 Desember 2021, OPEXCON – Indonesia Operational Excellence Conference and Award merayakan 10 tahun perjalanan mendukung budaya inovasi di Indonesia. Konferensi nasional yang diinisiasi oleh SHIFT Indonesia bersama SSCX International tahun ini memilih “Strengthening Business Resilience Through Operational Excellence” sebagai tema utama.

Seperti kita ketahui bersama, pandemi covid-19 memberikan pelajaran tentang pentingnya ketahanan dalam bisnis.  “Masa pandemi ini kita semua melakukan sejumlah penyesuaian, untuk terus menjaga keselamatan diri dan juga keberlangsungan bisnis.,” ungkap Riyantono Anwar, Direktur OPEXCON. “Sebab itu, sangatlah penting bagi individu dan juga perusahaan untuk terus melakukan transformasi dan berinovasi sehingga kuat bertahan menghadapi perubahan-perubahan berikutnya,” lanjutnya.

OPEXCON merupakan platform komunitas operational excellence terbesar di Indonesia. Adapun misi utamanya yaitu menumbuhkan budaya inovasi di seluruh organisasi bisnis di Indonesia sehingga mereka mampu meningkatkan daya saing dan menciptakan nilai tambah bagi bisnis. OPEXCON juga menjadi wadah utama bagi para inovator untuk menampilkan proyek terbaik mereka. Peserta yang terlibat di acara OPEXCON juga dibekali dengan pelatihan menggunakan metode workshop mengenai metode dan tools problem solving.

“Kami sangat bangga kepada semua peserta kompetisi OPEXCON yaitu para inovator yang tidak pernah berhenti melakukan peningkatan proses meskipun dalam kondisi yang tidak mudah. Tentunya ini menjadi sebuah sinyal positif yang membuktikan bahwa perusahaan di Indonesia terus bersiap dan semakin kompetitif,” jelas Riyan.

Daftar Lengkap Pemenang OPEXCON 2021

Chairman SHIFT Indonesia, Rifki Rizal Derrian hadir membuka langsung acara OPEXCON hari ini. Setelah acara pembukaan, semua peserta bersama menyaksikan sesi awarding. SHIFT Indonesia memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah berhasil melakukan inovasi dan improvement di dalam bisnisnya. Penghargaan ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu Manufacture, Services, Mining & Energy.

Siapa saja perusahaan yang berhasil menerima penghargaan dalam OPEXCON Award 2021, berikut adalah daftar lengkapnya:

Silver Achievement – Mining & Energy Category

  • PT. INDONESIA POWERProject Leader Theodorus Tio Wibowo
  • PT. MIFA BersaudaraProject Leader Ahmad Fauzi

Gold Achievement – Mining & Energy Category

  • PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI, Project Leader ACHNAFIAN RAFIF ZUFARYANSYAH
  • PT. LADANGRUMPUN SUBURABADI, Project Leader WIJAYA WARDANA

Silver Achievement – Services Category

  • PT BANK MANDIRI PERSERO TBKProject Leader I Putu Agus Putra Supartana
  • PT MITRABAHTERA SEGARA SEJATI TBK Project Leader Indra Petrus Ambarita
  • PT BINTARO SERPONG DAMAIProject Leader Panji Rachman

Gold Achievement – Services Category

  • RSUD Dr. ISKAK TULUNGAGUNG, Project Leader Kabib Abdullah
  • PT. CIPTA KRIDA BAHARI, Project Leader Muhammad Ali Imran
  • PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk, Project Leader I Wayan Suarjaya

Silver Achievement – Manufacture Category

  • PT KAPAL API GLOBALProject Leader Kevin Cornelius
  • PT BUKIT MURIA JAYAProject Leader Novie Handriewatti
  • PT SARIHUSADA GENERASI MAHARDHIKA FACTORY JOGYA Project Leader Yulius Wahyu
  • PT BAYER INDONESIAProject Leader Tubagus Trisya Rahmaputra, S.Si, Apt.
  • PT SELAMAT SEMPURNAProject Leader Dwi Hari Purnomo
  • PT MOWILEX INDONESIAProject Leader Kurniawan Sadewa
  • PT PROPAN RAYA ICC – Project Leader Stacia Prillia

Gold Achievement – Manufacture Category

  • PT WAHANA DUTA JAYA RUCIKA, Project Leader Wina Indra Lavina
  • PT CHANDRA ASRI PETROCHEMICAL, Project Leader Heri Hendriyani
  • PT SARIHUSADA GENERASI MAHARDHIKA FACTORY PRAMBANAN, Project Leader Hutami Insan Perwita
  • PT FIRMENICH AROMATICS INDONESIA, Project Leader Irfan Nurdiansyah

“Selamat kepada seluruh pemenang yang berhasil mendapatkan awards di ajang OPEXCON Project Competition 2021! Dan selamat juga kepada seluruh excellent people yang terus menerus melakukan praktik operational excellence di Perusahaan masing-masing. Operational excellence adalah sebuah kata kunci untuk mendukung pencapaian competitive advantage. Dalam kiprah perjalanan 10 tahun Operational Excellence Conference di Indonesia, kami melihat sebuah benang merah yang sangat jelas, yakni apapun industri Anda, sedang dalam fase apapun Industri Anda di tengah berbagai perubahan lingkungan bisnis yang sangat dinamis, operational excellence merupakan salah satu tulang punggung yang mengakselerasi kecepatan implementasi strategi-strategi yang diformulasikan Perusahaan,” ungkap Rifki dalam sambutannya.  

Setelah sesi awarding selesai, acara dilanjutkan ke sesi berikutnya yaitu sharing best practice oleh pembicara hebat yang hadir hari ini yaitu Dr. (HC). Dra. Nurhayati Subakat. Apt., President Commissioner, PT Paragon Technology and Innovation; Soleh Ayubi, Ph.D, Director of Transformation & Digital, PT Bio Farma (Persero); Hariadi, Director of Operation & Information Technology, PT Pos Indonesia (Persero).

Pembicara membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka dengan sangat menarik sehingga mampu memberikan perspektif yang berbeda. Selain itu ide dan hasil inovasi yang dibagikan oleh para pemenang OPEXCON Award 2021 dalam Project Sharing Sessionjuga menjadi sesi yang sangat dinantikan para peserta. Pasalnya, sharing project ini menjadi salah satu media transfer knowledge yang dianggap efektif oleh peserta khususnya pegiat continuous improvement di Indonesia. Acara ditutup dengan paparan Economic Outlook 2022 oleh Bhima Yudhistira, Direktur Center of Economic and Law Studies.

OPEXCON merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia – media yang memberikan referensi dan panduan operational excellence di Indonesia dan mendapat dukungan penuh dari SSCX International, konsultan operational excellence terbaik di Indonesia.