Bertumpuknya inventori merupakan waste yang sangat mematikan, yang dapat memicu waste lainnya.

Eksekusi Perencanaan Inventori telah dilakukan. Kini saatnya melakukan evaluasi dan pengukuran performa kerja, apakah telah sesuai dengan perencanaan.

Sebuah perusahaan tidak akan bisa memperbaiki sesuatu yang tidak mereka ukur. Monitoring dan kontrol yang berkelanjutan adalah kunci untuk mempertahankan improvement yang telah dibuat. Organisasi harus fokus kepada data real-time dalam mengukur performa supply chain dan secara proaktif menemukan root cause (akar masalah) yang menjadi penyebab penyimpangan, lalu segera mengambil langkah perbaikan.

Pada tahap ini, langkah-langkah yang diambil adalah:

1.  Menetapkan KPI (key performance indicator) dan standar pengukuran bagi seluruh proses. Contohnya:

  • Matriks planner memberikan pengelihatan kepada performa seorang perencana di level pelayanan: investasi berupa stok, biaya pemesanan dan nilai dari kelebihan inventori.
  • Supplier scorecard memaparkan penilaian (menggunakan peringkat dari terburuk hingga terbaik) mengenai pengiriman, biaya, kualitas, respon, dan reliabilitas yang diberikan oleh supplier.
  • Workforce productivity akan memunculkan budaya “first time right” untuk meminimalisir rework dan waste yang akan menghabiskan waktu karyawan.
  • Production span mengukur variasi produksi secara keseluruhan dan mengidentifikasi root cause dari variasi-variasi yang terjadi di setiap work-center.
  • Menetapkan process control dengan melakukan monitoring secara periodik dan membuat laporan.

2.  Mendorong anggota tim untuk mendokumentasikan dan membagi pengetahuan mengenai best practice dan memberikan penghargaan bagi mereka yang telah mencetak hasil yang signifikan bagi perusahaan.

3.  Setelah proses ini rampung, perusahaan hampir menyelesaikan proses optimasi inventori yang dijalankan. Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa improvement terus berjalan (continuous improvement).

 

Artikel ini adalah bagian dari Seri Optimasi Inventori

1. Seri Optimasi Inventori: Tingkatkan Efektifitas Proses dengan Business Assessment

2. Seri Optimasi Inventori: Hindari Waste dengan Membuat Perencanaan Stok Inventori

Baca juga  Apa itu PROBLEM? Inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang-nya!

3. Seri Optimasi Inventori: Eksekusi Sesuai dengan Perencanaan Inventori


 

Sumber: IndustryWeek, Mani Iyer.