Ilustrasi: Pabrik sepatu Red Wings Shoes
Ilustrasi: Pabrik sepatu Red Wings Shoes

Setelah berpuluh tahun lamanya menjadi produsen utama sepatu grosiran, TT Group akhirnya “melebarkan sayap” dengan melakukan strategi penjualan retail secara online dan menciptakan merek dagang yang kuat.

Bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis berpuluh tahun lamanya, bisa dipastikan kalau Anda sempat berpikir untuk mengevaluasi kembali tujuan dan arah bisnis Anda demi menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Itu juga yang dilakukan perusahaan pembuat sepatu asal Kanada yang sudah berdiri sejak 1945, TT Group (Tender Tootsies). TT Group menemukan kembali posisinya dalam menjalankan bisnis di pasar yang “besar” ini.

Saat itu TT Group adalah sebuah produsen sekaligus distributor grosiran untuk beberapa merek sepatu dan juga kaus kaki. Keunggulan mereka saat itu adalah membuat produk yang nyaman digunakan konsumen. Itulah perkembangan pertama yang dilakukan TT Group di awal-awal perjalanan bisnisnya.

Namun kini dunia bisnis manufaktur mengalami perubahan. TT Group menangkap tantangan sekaligus peluang dari pergeseran tersebut.  Mereka tidak lagi memposisikan dirinya sebagai produsen dan distributor lagi. Untuk tetap bisa menjangkau konsumennya, mereka berupaya mencoba segala hal yang baru.

Mencari peluang di dunia maya

“Kami tidak pernah punya pengalaman yang baik tentang pemasaran, merek sepatu kami sudah ada sejak lama, namun selama ini kami hanya berpikir bahwa kami adalah produsen sepatu yang mengirimkan produk kami tepat waktu dan kami sangat mengandalkan hal itu,” kata Paul Perivolaris, Wakil Presiden dan Partner di TT Group.

Namun saat ini TT Group mulai menggeser paradigma lamanya tentang pemasaran. Kini pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis mereka.

Toko retail Tender Tootsies hanya ada di Ontario, provinsi terbesar kedua di Kanada. Namun, merek sepatu mereka telah menjadi merek nasional. Karena toko retail yang terbatas ini, mereka banyak mendapatkan panggilan dari orang-orang di Vancouver dan Quebec yang bertanya di mana para pelanggannya itu bisa mendapatkan sepatu Tender Tootsies. “Dan sekarang kami sudah memiliki cara yang bisa langsung menempatkan pelanggan kami dengan produk kami,” lanjut Paul.

Baca juga  Agile: Metode Inovatif Agar Bisnis Responsif

Menurut Paul, satu-satunya cara untuk bisa menjangkau semua pelanggan mereka yang berada di Kanada dengan cepat adalah dengan go online. “Media baru adalah biaya yang jauh lebih efektif untuk bisa menjangkau pelanggan kami,” kata Paul.

Bagi TT Group itu menjadi sebuah instant connect antara perusahaan dengan pelanggan yang tersebar luas di penjuru negeri dan menjadi cara yang efektif memangkas biaya.

Mencari kemitraan yang tepat

Selain membangun merek yang kuat dari produknya sendiri, TT Group juga mencari merek sepatu independen yang akan membuat saluran distribusi untuk toko online mereka.

“Kami lebih melihat kemitraan yang berbeda, akan ada lebih banyak merek yang kita distribusikan di sini (Kanada),” jelas Paul. Strategi kemitraan yang berbeda ini sebenarnya telah menjadi salah satu cara TT Group dalam mengembangkan bisnisnya. Infrastruktur yang mereka miliki memungkinkan TT Group untuk tumbuh lima kali lipat dari saat ini. “Jadi, jika ada orang lain yang datang ke Kanada – mengapa mereka harus membangun kantor, gudang, dan departemen IT sendiri untuk melayani pelanggan yang sudah kami layani lebih dulu?,” ujar Paul.

Paul melanjutkan, TT Group mencari mitra dengan strategi pemasaran dan pengembangan yang sudah ditentukan dengan jelas. Sehingga mereka hanya bekerja di “belakang layar” saja. “Mitra yang kami cara adalah mereka yang memiliki produk yang benar-benar menarik dan bisa menjualnya, untuk keperluan “back office”, kami bisa melakukannya,” jelas Paul.

Menjaga hubungan

Untuk perusahaan seperti TT Group yang sudah menjalankan bisnisnya hampir 70 tahun, menjaga hubungan yang kuat dengan para mitra, pemasok dan kliennya menjadi hal yang sangat penting. Di TT Group hubungan dengan para stakeholder tersebut diperlakukan seperti hubungan personal.

Baca juga  6 Langkah Lakukan Improvement dengan Metode Lean

“Ini persis seperti filosofi yang sama yang saya miliki untuk menjaga hubungan persahabatan”, ucap Paul. Bagi Paul, ia memperlakuan pemasok, sama seperti ia memperlakukan karyawan dan pelanggannya dan itulah nilai yang sudah tertanam lama di TT Group. “Kita perlakukan mereka dengan jujur. Kami berempati dengan situasi mereka dan berharap mereka juga melakukan hal yang sama kepada kami.”

Menyongsong masa depan

Setelah TT Group melakukan perubahan yang cukup signifikan, perusahaan melihat masa depan dengan optimisme dan kegembiraan. Langkah berikutnya yang paling penting bagi TT Group adalah bagaimana perusahaan bisa terus tumbuh dan berkembang dalam ruang baru.

“Mendominasi Kanada adalah tujuan kami, dan kemudian kami bisa mulai untuk memperluas kehadiran produk kami di Amerika Serikat,” kata Paul. Bagi TT Group membangun merek yang kuat di “rumah sendiri” akan menjadi pondasi yang kuat  bagi pengembangan bisnis sepatu mereka. “Tapi kami akan melakukannya dalam kombinasi toko ritel. Kita akan membuka banyak toko sebanyak mungkin dan tetap menjadikan toko online sebagai basis untuk melihat di mana penjualan terbesar Tender Tootsies berasal,” kata Paul.

Paul melanjutkan, dari sudut pandang pengembangan produk, perusahaan harus jauh lebih cerdas dan fokus pada membangun merek. “Tanpa merek, kami bukan apa-apa, saat ini semua orang di Kanada tahu Tooties dan semua orang menyukai itu, tetap jalankan bisnis yang menyenangkan dan cobalah untuk mengembangkannya.”***