Hasil survey Bandara Terbaik di Dunia tahun 2014 baru saja di rilis oleh kantor kosultan asal UK yang mengulas secara umum tentang pesawat dan bandara di dunia, Skytrax. Bandara-bandara terbaik ini memiliki keunggulan pelayanan dan operasional yang menyebabkan tingginya angka kepuasan pengguna bandara.

Skytrax melibatkan 12 juta lebih pelanggan bandara yang masuk nominasi dari 110 negara dan termasuk 410 bandara yang ada di seluruh dunia. Semua penilaian yang terdiri dari 40 kategori dalam survey ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan akan berbagai fasilitas layanan yang disediakan bandara-bandara terbaik ini.

Berikut 10 bandara terbaik di dunia dengan fasilitas-fasilitas layanan pelanggannya yang memukau:

#10. London Heatrow Airport

Bandara yang memiliki jumlah pengunjung tahunan mencapai 69.4 juta ini  menjadi bandara tersibuk ketiga di dunia pada tahun 2011. Meskipun ada  keprihatinan Walikota London, Boris Johnson akan kesan buruk yang  diberikan bandara ini kepada pengunjungnya, namun London Heatrow  Airport berhasil membawa pulang penghargaan untuk katergori The Best  Airport Shopping dan Best Airport Terminal dari Skytrax.  

#9. Vancouver International Airport

Vancouver International Airport telah menerima penghargaan dari Skytrax untuk kategori The Best Airport in North America selama 4 kali berturut-turut. Baru-baru ini juga diketahui, bandara yang menawarkan pengunjungnya pemandangan seni dari koleksi Pacific Northwest Coast ini, telah menghabiskan 1.4 juta dolar untuk membangun dan mengembangkan fasilitas layanannya. Uniknya, bandara ini menyediakan relawan, yang membantu para wisatawan menemukan berbagai fasilitas yang mereka butuhkan.

#8. Zurich Airport

Sebagai bandara Internasional terbesar di Swiss, sejak 2003 bandara yang tahun lalu berada diperingkat ke tujuh ini secara significan telah mengembangkan layanannya, seperti penambahan terminal baru dan terminal bawah tanah, juga adanya Skymetro, kereta otomatis yang disediakan sebagai fasilitas antar jemput para wisatawan di sekitar bandara. Bandara ini masuk top 10 hasil survey Skytrax tahun ini untuk kategori pengolahan keamanan bandara, imigrasi, dan tempat makan terbaik.

Baca juga  Inspirasi dari Lapangan: Pelajaran Operational Excellence dari Permainan Basket

#7. Beijing Capital International Airport

Jumlah pengunjung yang sudah lebih dari 78 juta pertahunnya, membuat bandara Beijing Capital menjadi bandara tersibuk di Asia dan tersibuk kedua di dunia. Bandara yang juga disebut ‘China Gateaway’ ini memiliki gedung capital tertinggi yang membuatnya delapan kali menerima penghargaan sebagai The Best Airport Terminal.

#6. Tokyo International Airport

Bandara di Tokyo ini menawarkan restoran, toko-toko belanja, bahkan toko-toko yang bebas pajak. Lebih dari 90 juta penumpang mampu ditampung di dalam bandara yang menerima penghargaan World’s Best Domestic Airport Skytrax, juga dipuji karena keberadaan toko-toko belanja tersebut dan juga karena pengolahan keamanan dan kebersihannya.

#5. Amsterdam Schiphol Airport

Bandara ini sudah ada sejak 1916, yang awalnya sebagai lapangan terbang militer dan sekarang terlah berubah menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Wisatawan yang menunggu jadwal penerbangannya, mendapatkan fasilitas massage, atau bermain poker di kasino. Atau untuk yang hobi membaca, wisatawan bisa menikmati bacaan dari perpustakaan yang disediakan di bandara Schipol.

#4. Hong Kong International Airport

Di bulan Maret 2012, bandara yang mendapat penghargaan, salah satunya karena kebersihannya ini memutuskan untuk menambah landasan pacu ketiganya untuk meningkatkan kapasitas penerbangannya. Bandara Internasional Hong kong ini juga ternyata memiliki lapangan golf, yang dimaksudkan untuk memanjakan wisatawannya menghabiskan waktu saat menunggu jadwal penerbangannya.

#3. Munich Airport

Munich Airport menjadi bandara tersibuk kedua di Jerman, dengan fasilitas terminal estetis yang mengantarkan wisatawan hingga menuju pintu gerbang. Arsitektur pada langit-langit dan dinding di bandara ini banyak terbuat dari kaca, sehingga memberikan kesan besar den terbuka. Bandara ini juga terpilih sebagai bandara terbaik di Eropa.

Baca juga  3 Konsep Penting dalam Metode Lean

#2. Incheon International Airport

Incheon merupakan bandara terbesar di Korea Selatan, dengan kapasitas penumpang lebih dari 70 penerbangan. Setiap tahun, mulai dari 2005-2012, Incheon dinilai sebagai bandara terbaik dunia oleh Airports Council International. Anak bandaranya, yang baru di buka pada Maret 2001, telah menjadi rumah bagi sebuah museum budaya Korea, dan memiliki peringkat yang sangat baik untuk tingkat kebersihan, tampilan eksternal, tempat istirahat, akses internet, bahkan untuk pilihan makanan lokal.

#1. Singapore Changi Airport

Ulasan berbagai media memberikan kesan bahwa mereka tidak heran lagi jikabandara yang ada di sebuah negara kecil ini menjadi juara bertahan sebagai World’s Best Airport. Bandara yang dibuka sejak 2008 ini memiliki terminal ‘hijau’ dengan pemandangan skylighting alami dan kebun yang menampilkan lebih dari 200 jenis dedaunan. Fasilitas inilah yang diklaim menjadi keunggulan Changi Airport dibanding bandara lainnya di dunia. Selain itu, Changi Airport juga memiliki taman kupu-kupu pertama yang ada di bandara, bioskop serta memiliki lebih dari 130 outlet belanja dan makan.