Transformasi dan inovasi berbasis digitalisasi yang konsisten dilakukan PT PLN (Persero) selama tiga tahun terakhir semakin berbuah manis. Dibawah kepemimpinan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, PLN berhasil meraih 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional hingga internasional sepanjang tahun 2023.

Berkat kepemimpan yang kuat dalam pengelolaan lingkungan hidup di PLN, Darmawan raih penghargaan tertinggi Green Leadership Utama dalam Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada bulan Desember lalu. Selain itu, Darmawan juga meraih predikat ‘Male Executive of the Year dalam ajang Power Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia.

Di ajang yang sama, PLN sukses mengungguli perusahaan kelistrikan dan energi se-Asia dengan menyabet 5 (lima) penghargaan bergengsi dari 12 kategori yang ada.

Sepak terjang yang dilakukan Darmawan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis membuat dirinya juga dinobatkan sebagai CEO Of The Year dari CNBC Indonesia dalam dua tahun berturut-turut. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilannya melakukan transformasi digital di tubuh PLN dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, transformasi PLN secara konsisten dan berkelanjutan melalui digitalisasi dan terobosan di berbagai bidang berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan.

Proses bisnis yang tadinya statis dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. PLN melakukan digitalisasi pembangkit, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan, perencanaan hingga pengelolaan keuangan, yang membuat perusahaan semakin efisien dan kokoh,” ujar Darmawan.

Sebagai perusahaan induk, PLN tercatat meraih 318 penghargaan di berbagai bidang mulai dari nasional hingga internasional.

Apresiasi dunia Internasional kepada PLN berkat pelayanan terbaiknya kepada pelanggan antara lain meraih dua penghargaan pada ajang Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di bulan Oktober.

Baca juga  4 Inovasi Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Air Berkelanjutan yang Tampil di Ajang WWF

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil membawa pulang 8 penghargaan pada ajang Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di bulan Agustus.

Berkat tranformasi dari sisi human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 di bulan Oktober.

Tidak hanya diakui internasional, PLN pun mendapatkan berbagai penghargaan dari Pemerintah. PLN baru saja menerima 20 penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Desember 2023.

Capaian ini menjadi capaian terbaik perseroan sepanjang sejarah melebihi pencapaian tahun sebelumnya sebanyak 15 PROPER Emas. Dalam ajang Subroto Award 2023 yang digelar pada bulan September oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN pun mampu menyabet delapan penghargaan.

Dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), PLN meraih penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards pada kategori Pelaku Usaha Besar di bulan November.

PLN bukan hanya membukukan pendapatan perusahaan yang terus meningkat, namun mampu mengelola utang perusahaan dengan sangat baik. Bahkan, Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan debitur terbaik kepada PLN sebanyak 4 kali secara berturut turut sejak 2020 hingga 2023.

Pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023 yang diselenggarakan pada bulan Maret oleh Kementerian BUMN, PLN berhasil memborong lima penghargaan. Yaitu dua penghargaan pada kategori Communication dan tiga penghargaan pada kategori Sustainability, PLN juga memperoleh penghargaan sebagai Badan Publik dengan kualifikasi ‘Informatif’ dari Komisi Informasi Pusat, dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2023 di bulan Desember.

Capaian ini menjadi sejarah bagi PLN yang sebelumnya hanya memperoleh kualifikasi ‘Menuju Informatif’.

Baca juga  PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Penghargaan juga datang dari berbagai stakeholder

PLN meraih lima anugerah kehumasan dalam ajang Public Relations Indonesia Awards 2023 di bulan Maret serta ajang Indonesia Goverment Public Relation Awards (IGA) 2023 dengan tiga kategori di bulan Juni.

Berkat komitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan, PLN juga memborong 28 penghargaan dalam ajang Indonesian CSR Awards (ICA) 2023 dan Indonesian SDGs Awards (ISDA) pada bulan Desember.

Tak hanya itu, lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN memborong 39 penghargaan sekaligus di ajang Top CSR Awards 2023 di Juni 2023.

Tiga di antaranya, kategori TOP CSR Award 2023 on Stars 5, TOP CSR Golden Trophy 2023 dan TOP Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan khusus kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Torehan prestasi ini tidak hanya diraih PLN holding, tetapi juga diraih subholding dengan total 427 dan anak perusahaan dengan total 34 penghargaan. Penghargaan ini diraih berkat kinerja apik seluruh subholding dan anak usaha PLN.

Darmawan menegaskan bahwa penghargaan bukanlah tujuan yang dicari, namun penghargaan ini menjadi salah satu pemacu upaya peningkatan kinerja dan layanan berkelanjutan di tubuh PLN.

“Berbagai capaian ini akan menjadi pemecut semangat kami untuk terus bertransformasi dalam proses bisnis maupun memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Darmawan dikutip dari bumn.go.id.