“Banyak orang dan perusahaan di Indonesia yang layak menjadi panutan dalam hal keunggulan layanan,” ungkap Rizal Badudu penulis buku Service Excellent, Pelayanan Pelanggan yang Prima oleh Perusahaan di Indonesia, 2015. Latar belakang Penulis sebagai konsultan peningkatan kualitas pelayanan sedari 1996, memudahkan pembaca mengikuti pengalaman penulis mencerap keramahan Indonesia di berbagai tempat.

Peristiwa keseharian yang remeh-temeh menjadi perhatian Penulis, melihat bagaimana budaya dan tradisi orang Indonesia membentuk konsep pelayanan prima. Mencermati senyuman dan kecekatan seorang pelayan restoran cepat saji, menikmati menu soto gebrak yang menantang, atau mengamati kelincahan anak-anak menawarkan jasa ojeg payung menjadi fokus penulis menarasikan pelayanan yang unggul.

[cpm_adm id=”11334″ show_desc=”no” size=”medium” align=”none”] Keramah-tamahan dalam teori service excellent menjadi dimensi penting meletakkan produk dan layanan ke dalam pengalaman pelanggan. Seperti cerita seorang warga negara asing, teman kakak Penulis yang memaksa menjamu makan di restoran McD di Bandung. Bukan soal fanatisme makanan Amerika, namun “McD Indonesia” yang berhasil mendorongnya singgah.

Begitupun kisah “Burung Biru” asli Indonesia. Penulis begitu bersemangat menceritakan ringkasan perjalanan perusahaan taksi ini sampai go public. Pelayanan unggul yang ditawarkan sangat khas Indonesia, bahkan menjadi cerminan tradisi yang diterapkan di lingkungan keluarga pendiri perusahaan, Ibu Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono, SH.

Keramah-tamahan berhasil menjadi produk orisinal Indonesia yang tak dijumpai di negara lain meski merek dagangnya sama. Kebanggaan Penulis atas orisinal Indonesia diekspresikan dalam kutipan bait lagu nasional yang menjadi lead di setiap bagian tulisan. Penulis berbagi kisah inspiratif tentang “Indonesia bisa”, bangsa besar kaya sumberdaya alam dan potensi sumberdaya manusia.

Bagi pembaca yang tak bersentuhan langsung dengan pelayanan prima, karya Rizal Badudu ini cocok menjadi teman minum teh di sore hari. Pun, jika pembaca ingin meningkatkan pelayanan perusahaan, di dalam buku Service Excellence terkandung konsep, pengalaman nyata inspiratif sumber referensi penerapan layanan unggul. []

Baca juga  Inilah Pondasi Membangun Keunggulan Bisnis dari Marriot hingga Toyota

 

Informasi buku

Judul: Service Excelent, Pelayanan Pelanggan yang Prima oleh Perusahaan di Indonesia

Penulis : Rizal Badudu

Penerbit: Penerbit Buku Kompas, 2015. PT Kompas Media Nusantara Jl Palmerah Selatan 26-28 Jakarta 10270.

Tebal: xvi + 264 halaman

Dimensi: 14 cm x 21 cm