inspirasi hari ini

Setiap orang membutuhkan alasan untuk melakukan segala sesuatu. Berikut inspirasi hari ini untuk membantu Anda keluar sejenak dari rutinitas dan menemukan kembali alasan yang mendorong Anda melakukan apa yang Anda lakukan saat ini:

Suatu hari, seorang pemuda berjalan sendirian di pantai. Matahari bersinar cerah, laut biru, angin menari diantara dedaunan kelapa, sementara ombak membelai lembut pasir putih halus di kakinya. Sementara ia menikmati semuanya, tanpa sengaja matanya menangkap sosok seorang lelaki tua di kejauhan. Lelaki itu terlihat berjalan bolak-balik, menuju batas ombak, lalu berlawanan dengan batas ombak. Berkali-kali orang itu melakukan hal yang sama, dan selalu setelah kembali dari batas ombak, dia kembali ke arah sebaliknya dan terlihat memungut sesuatu dari pasir.

Sementara si pemuda berjalan semakin dekat, ia dapat melihat bahwa pasir pantai tersebut dipenuhi oleh ratusan bintang laut yang terdampar terbawa ombak besar di malam sebelumnya. Banyak dari mereka yang tentunya sudah mati. Sementara ia makin dekat, si lelaki tua terus melakukan “tugasnya” memungut satu bintang laut dan melemparkannya kedalam ombak.

Pemuda itupun mendekati si lelaki tua, dan berkata dengan heran, “Apa yang Bapak lakukan sepertinya sia-sia saja. Ada ribuan mil pantai yang dipenuhi bintang laut. Percuma saja, tidak akan ada perbedaan yang berarti jika Bapak mengembalikan mereka satu-satu.”

Lelaki tua itu menatap si pemuda sejenak, lalu meneruskan memungut bintang laut dan melemparkannya kedalam ombak. Ia lalu berpaling kembali kepada si pemuda dan berkata, “Apa yang aku lakukan tadi pasti membuat perbedaan yang berarti bagi satu bintang laut itu!”***