Menjadi profesional bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi untuk mencapai kesuksesan, profesionalitas mutlak harus kita miliki. Lalu bagaimana kita bisa membangun profesionalitas? Ikuti 5 tips dari SSCX ini.

Mencapai tingkat profesional yang memuaskan bukanlah perjalanan yang mudah, tetapi merupakan prasyarat mutlak untuk meraih kesuksesan di dunia kerja.

Profesionalitas mengacu pada kualitas atau karakteristik seseorang yang menunjukkan kemampuan atau keahlian dalam bidang tertentu. Ini berkaitan dengan kinerja dan kualitas kerja seseorang dalam menjalankan tugas atau tanggung jawab mereka. Seseorang yang memiliki profesionalitas yang tinggi cenderung memiliki keterampilan yang baik, etika kerja yang kuat, dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hal ini termasuk memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berubah, serta kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

Bagi banyak individu, pertanyaan tentang bagaimana membangun profesionalitas yang kuat sering kali menjadi sorotan utama. Dalam konteks ini, SSCX telah merangkum lima tips yang dapat membantumu memperkuat profesionalitas dan meningkatkan peluang sukses di tempat kerja.

  1. Sense of Urgency

Biasakan kita selalu menyelesaikan tugas tepat waktu sesuai dengan perintah atasan. Lebih cepat akan lebih baik, sehingga kepercayaan atasan kepada kita meningkat. 

  1. Menghargai sesama karyawan

Menghargai sesama karyawan berarti menghargai atasan kita. Baik itu teman selevel (peer) maupun bawahan kita. Menghargai tidak berarti menyembunyikan kesalahan, karena dengan menyampaikan hal-hal yang salah juga merupakan bentuk penghargaan kepada mereka. 

  1. Keinginan untuk berubah (belajar dan menjadi lebih baik)

Bangun pemikiran bahwa kita selalu belajar dengan apa yang kita kerjakan, termasuk  belajar memahami pekerjaan di sekitar kita. Kita tidak bisa memaksakan kehendak dalam pekerjaan terlebih saat melibatkan banyak orang atau banyak departemen. Selalu lakukan “koreksi”, “koreksi”, dan “koreksi”. 

  1. Percaya bahwa sistem manajemen yang baik akan membantu kita bekerja dengan baik

SOP (Standard Operating Procedures) dan WI (Work Instruction) adalah bagian dari sistem kerja, selanjutnya akan menjadi sistem manajemen yang membentuk siklus dimana ada target dalam menyelesaikan pekerjaan, ada rencana yang harus dikerjakan, ada kontrol yang harus kita lakukan, ada meeting yang harus kita ikuti dan ada laporan yang harus kita buat (Goal, Plan, Control, Meeting & Report). Dengan mempercayai sistem manajemen yang ada, akan membantu kita menyelesaikan pekerjaan dan mencapai target terbaik. 

  1. Mau bekerja sama

Kerja sama berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan kelompok. Jangan malu saat harus minta bantuan dan jangan keberatan untuk membantu teman. Selama untuk tujuan bersama kita harus siap mengerjakan pekerjaan orang lain, terlebih jika pekerjaan tersebut hanya kita yang dapat melakukannya.

Baca juga  Efisiensi vs. Efektivitas: Prioritas Manakah yang Lebih Utama?

SHIFT Indonesia selain menyajikan artikel web juga menyajikan insight melalui majalah dan video. Unduh majalah terbaru SHIFT Indonesia di https://bit.ly/SHIFTIndonesiaEdisi01. Tonton video Youtube terbaru dari SHIFT Indonesia di https://www.youtube.com/@SHIFTIndonesia/videos.

Kamu juga bisa bergabung di FREE Webinar “Project Selection”, 16 Maret 2024 dengan mendaftar melalui https://bit.ly/WEBINARSeries02-160524.