Tahukah Anda apa tujuan sebenarnya dari penerapan metode Lean atau Six Sigma di perusahaan? Ya, jawabannya adalah membantu organisasi meningkatkan proses menjadi lebih baik.

Jika dalam dunia manufaktur, proses tersebut sangatlah beragam ada yang bersifat teknis (produksi), penjualan, hingga pengiriman. Nah, seperti apa sih proses yang baik itu? Apa saja yang bisa membuat proses menjadi lebih baik? Mengutip industryweek.com, proses yang baik memiliki enam kriteria sebagai berikut:

1. Proses yang baik harus sederhana

Proses yang baik dibuat sesederhana mungkin untuk menghindari peluang terjadinya kesalahan saat eksekusi dilakukan. Pasalnya, kompleksitas (yang tidak diperlukan) akan membuat proses menjadi sulit diperiksa, dianalisa, dan dikendalikan.

2. Proses yang baik harus dirancang dengan baik

Proses yang baik memiliki kemampuan proses jangka pendek dan jangka panjang yang sangat baik. Proses tersebut mampu beroperasi di berbagai kondisi dengan pemimpin yang memiliki rencana dan kemampuan untuk mengantisipasi masalah proses ketika terjadi kondisi yang tidak terprediksi.

3. Proses yang baik harus didokumentasikan

Proses yang baik didokumentasikan dengan baik. Dokumentasi adalah salah satu hal penting dalam proses. Adanya dokumentasi yang tepat diharapkan menjadi standar untuk pengendalian proses, sebaliknya tidak adanya dokumentasi bisa mendorong pemahaman proses yang salah.

4. Proses yang baik harus terkontrol

Proses yang baik dijalankan dengan cara yang terkontrol. Hal ini memungkinkan proses konsisten setiap waktu. Proses yang terkontrol memiliki variabilitas yang rendah dengan demikian hasilnya akan terukur dan dapat dilakukan pengembangan.

5. Proses yang baik harus dikomunikasikan

Proses yang baik dikomunikasikan dan dikoordinasikan kepada semua orang yang terlibat di dalamnya, termasuk mereka yang menerima output dari proses dan mereka yang memberikan input untuk proses tersebut. Setiap orang harus menyadari bagaimana suatu proses berjalan dan peran mereka dalam proses tersebut.

Baca juga  3 Etos Kerja Orang Jepang yang Bikin Cepat Sukses

6. Proses yang baik itu error-proofing

Proses yang baik memiliki sistem dan indikator pemeriksaan kesalahan dimana sistem tersebut dapat berpartisipasi menghentikan kesalahan yang terjadi.

Excellent people, tentu saja tidak semua proses serta merta memiliki enam karakteristik di atas. Namun jika Anda ingin proses Anda menghasilkan performa terbaik kuncinya adalah Anda harus terus mendorong perbaikan proses dan terus berfokus pada pelanggan.