Overall Equipment Effectiveness (OEE) adalah ukuran yang digunakan dalam program Total Productive Maintenance (TPM) untuk mengetahui tingkat produktivitas suatu mesin, sekaligus mengetahui seberapa efektif implementasi program TPM.

Overall Equipment Effectiveness membantu kita untuk melihat apakah program TPM sudah memberikan hasil improvement yang signifikan bagi perusahaan. Ukuran ini mencakup efisiensi mesin dan merupakan metrik utama dalam TPM dalam mencapai Zero Losses.

Selain meningkatkan produktivitas mesin, Overall Equipment Effectiveness juga meningkatkan efektivitas tenaga kerja. Dan ketika diimplementasikan secara konsisten, Overall Equipment Effectiveness akan membantu Anda menekan biaya yang tidak diperlukan, bahkan mampu menurunkan biaya rata-rata setiap unit produksi. 

Rumus OEE

OEE = Availability x Performance x Quality

Availability adalah rasio antara waktu proses dengan waktu produksi yang direncanakan

Performance adalah rasio antara produksi aktual dengan kemampuan produksi maksimal suatu mesin

Quality adalah rasio jumlah produk aktual dengan jumlah maksimal yang bisa dihasilkan suatu mesin

Overall Equipment Effectiveness adalah upaya TEAM. Setiap orang bertanggung jawab untuk keandalan dan produktivitas mesin. Untuk itu, setiap karyawan harus memiliki pengetahuan tentang pentingnya Overall Equipment Effectiveness bagi perusahaan, bagaimana menggunakan sistem ini, dan bagaimana menggunakan hasil OEE nya. Sehingga sangatlah penting untuk memiliki seorang ahli atau coach untuk mengajarkan penggunaan OEE kepada semua orang yang terlibat.

SSCX International adalah perusahaan konsultan operational excellence terbaik memiliki dua jenis layanan untuk membantu perusahaan sukses mengimplementasikan OEE, yaitu jasa pelatihan dan implementasi. Informasi program lebih lanjut hubungi 08175763021.

Baca juga  Bukan Lagi Jamannya Trade Off, Kamu Bisa Dapat Semua Manfaat Ini dengan LSS