Film Real Steel yang dirilis lima tahun lalu merupakan satu dari sekian cerita tentang kehidupan manusia berdampingan dengan robot. Imajinasi manusia dan masyarakat tentang robot dalam film tersebut hendak melampaui peran robot sebagai mitra manusia, yaitu sebagai subyek industri hiburan.

Di dalam film puncak cerita tentang Robot latih bernama “Atom” yang berhasil mengalahkan robot petarung “Zeus” merupakan sebuah fragmen harapan publik yang mendambakan sosok juara yang terlahir dari keseharian orang-orang biasa. Sementara di dunia nyata, setiap hari perusahaan berteknologi tinggi di bidang otomatisasi robotik berusaha berinovasi, memberikan karya terbaik produk-produk robotik menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Omron Corporation, sebuah perusahaan yang berdiri sejak 1933 di bidang otomatisasi industri berbasis teknologi sensing dan kontrol menciptakan robot ping pong FORPHEUS sebagai komitmen perusahaan menciptakan kehidupan lebih kreatif. Bagi Omron, FORPHEUS bukan sekadar robot, namun sebuah simbol kemitraan antara manusia dan mesin. Sebuah imaji tentang mesin dan robot yang mampu merasakan emosi manusia.

[cpm_adm id=”11784″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

“Setiap hari di Omron, keyakinan ini dikukuhkan melalui berbagai riset dan proyek pengembangan, memadukan kemampuan manusia dan robot secara inovatif untuk memeroleh manfaat yang lebih besar,” tutur Yukio Kishida, Business Planning Division Manager, PT Omron Electronics Indonesia. Melalui penggunaan artificial intelligence (AI) kecerdasan pada mesin atau perangkat sensor pada robot akan memberikan dimensi baru yang kian mendekatkan robot dengan manusia.

Melalui FORPHEUS, robot diharapkan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Membantu aktivitas keseharian manusia di rumah, sekolah dan di waktu senggang. Tak sekadar bermitra, mesin juga mampu menjaga keselamatan manusia. Misalnya, melalui teknologi pendeteksi wajah, Omron mampu membantu menciptakan kondisi berkendara yang aman.

Baca juga  Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Alas Kaki Semakin Ekspansif

Selain sensing dan kontrol, Omron juga berkontribusi pada inovasi teknologi di dunia kesehatan, melakukan pencegahan penyakit kardiovaskular. Inovasi tersebut berupa alat pengukur tekanan darah digital dengan proses yang lebih cepat, mudah dan tepat. Pun, melalui serangkaian alat wearable Omron di Project Zero pengelolaan terhadap penyakit menjadi lebih efektif lantaran dokter secara rutin memonitor kesehatan pasien dari jauh secara otonom dan real time. []