Dengan filosofi yang mengutamakan kenyamanan, pelayanan yang sempurna, dan kemewahan fasilitas yang diberikan, maskapai penerbangan asal Kanada, Porter Airlines, telah berhasil menyajikan penerbangan ala kelas bisnis di kelas ekonomi. Perusahaan yang baru berusia enam tahun ini melayani penerbangan ke New York, Chicago, hingga Burlington.

Kantor pusat Vt. Porter terletak di Billi Bishop Toronto City Airport di sebuah pulau kecil, tepat di seberang kota. Untuk check in, penumpang harus melakukan penyeberangan singkat dengan kapal ferry.

Fasilitas ruang tunggu Porter yang dirancang modern menawarkan sofa plush yang empuk dan nyaman, Wi-Fi gratis, sebuah business center dengan iMac workstation. Penumpang juga dimanjakan dengan ketersediaan koran, kopi Starbucks, serta biscotti yang dapat dimakan dengan celupan cokelat, yang semuanya gratis. Fasilitas eksklusif juga disediakan di atas pesawat. Seat yang dilapisi kulit tertata dua-dua, sehingga tidak ada yang terjepit di tengah. Snack yang disediakan sebagai complimentary diantaranya yaitu sandwich, yogurt dan wine.

Kenyamanan fasilitas dilengkapi dengan adanya majalah in-flight, re:porter, yang merupakan ‘saudara’ dari Monocle. Editor in chief Monocle adalah Tyler Brûlé, yang juga merupakan chairman dan CEO di London’s Winkreative, perusahaan yang berada di balik branding Porter. Setiap issue yang terbit membahas daerah tujuan penerbangan berikut beberapa tips dari penduduk lokal bagi wisatawan.

Pelayanan yang prima untuk sebuah maskapai yang baru berusia enam tahun tentu saja merupakan salah satu bentuk komitmen yang layak diberi apresiasi.

Sumber: Bloomberg Businessweek