Seperti kita ketahui, era industri 4.0 membawa perubahan yang sangat besar. Eksistensi beberapa organisasi lenyap begitu saja karena tidak mampu menghadapi disrupsi besar. Itu terjadi kemarin, dan di masa depan inovasi yang mendisrupsi tidak lagi bisa dihentikan. Teknologi terus berevolusi, manusia dan organisasi perlu segera beradaptasi dan bertransformasi untuk bisa survive menghadapinya. Lalu bagaimana caranya? Inovasi menjadi jawabannya.

3 Kunci Membuat Inovasi

Menurut CEO SSCX, Rifki Rizal Derrian, untuk membuat inovasi yang memiliki value tinggi, ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu aspek valuable, feasibility, dan desirability.

“Ada tiga hal yang membuat inovasi lahir dan memiliki value, yang pertama dari sisi bisnis, inovasi yang kita buat harus memberikan value kepada banyak orang sehingga orang mau beli atau bayar karena merasa terbantu,” jelasnya. “Kemudian teknologi untuk membuatnya sudah OKE itu kita bicara feasibility, karena kalau bicara teknologi untuk membuatnya tidak bisa kita belum bisa mewujudkan inovasi tersebut. Kemudian ketiga people, desirability, orang-orang benar concern tidak dengan hal itu,” lanjutnya,

Mindset Inovasi

Mindset adalah hal yang sangat penting sekali dalam menciptakan inovasi. Pasalnya, begitu mindset-nya salah maka inovasi tidak akan pernah terjadi. Bahkan mindset orang improvement pun berpotensi menghambat inovasi.

“Nah, salah satu ciri-ciri orang improvement itu biasanya minta data, mana datanya. Sementara inovasi itu adalah we are creating the future, data itu secara alami memang sudah pasti tidak ada, kalaupun ada pasti sangat minim. Jadi begitu kita mau validasi produk kita ya kita memang harus benar-benar prototyping, uji – test dan gemba,” jelas Rifki.

Selanjutnya, user experience yang didapat inilah yang akan menjadi bahan yang iterative untuk mendesain produk atau layanan. Rifki dengan tegas mengingatkan kepada peserta webinar jangan sampai kehebatan analisis data yang dimiliki peserta (khususnya yang berada di dunia improvement) malah menghambat untuk inovasi.

Ada banyak fondasi mindset inovasi tapi yang paling fundamental menurut Rifki adalah never say no dan human center. “Kalau bicara tentang human center di dalamnya termasuk kustomer, jadi harus selalu customer centric dan human centric. Kemudian never say no, jadi yang tadinya impossible itu bisa possible kita tinggal create kondisinya. Jadi kita bisa create satu kondisi dimana hal itu dimungkinkan terjadi. Singkatnya, pasti ada cara,” pungkasnya.

Baca juga  Butuh Inspirasi? 5 Quotes tentang Data Ini Bisa Membantumu!

Membangun individu organisasi yang inovatif

Excellent people, dalam dunia bisnis inovasi haruslah menjawab kebutuhan tertentu dan dapat direplikasi dengan biaya yang tidak terlalu besar. Dibutuhkan ide yang orisinal dan menawarkan efisiensi untuk diterima di masyarakat luas. Oleh karena itu, inovasi akan cepat berkembang di organisasi yang mengedepankan kreativitas. Dengan berpikir kreatif, masalah dapat diselesaikan dengan teknik yang efektif.

Selain mencegah pemborosan waktu dan uang, teknik ini juga memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis. Efisiensi bisa didapat melalui penggunaan strategi baru, yaitu ketika ide-ide baru muncul memotivasi setiap orang untuk menjadi inovatif. Perubahan cara berpikir dan cara melakukan sesuatu inilah yang harus menjadi perubahan nyata di organisasi.

Tentu ini bukan pekerjaan mudah bagi organisasi, karena mereka harus mempersiapkan sumber daya dan infrastuktur yang mendukung jalannya inovasi yang mungkin sebelumnya belum ada sama sekali, termasuk metode inovasinya. Kabar baiknya, jika sebelumnya sulit dilakukan kini inovasi bisa dilakukan oleh siapa saja dan oleh industri apa saja dengan menggunakan design thinking, sebuah metode creative problem solving yang fokus pada empati pelanggan.

Sudah banyak yang sukses menggunakan metode ini mulai dari IBM hingga Apple, sehingga metode ini bisa dikatakan terbukti menggaransi hasil jika dilakukan dengan benar. Menyadari pentingnya metode ini, SSCX International akan mengadakan pelatihan SSCX Design Thinking, 30 – 31 Agustus 2021, program ini sangat direkomendasikan untuk Anda para calon innovator pencipta masa depan organisasi. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran pelatihan ini segera hubungi tim support SSCX di http://wa.me/628175763021 atau kunjungi www.sscxinternational.com